Friday, October 10, 2014

Project Proofreading Buku Prof Attas



Ini proofreading session pertama :)



Apaaa??! Jadi Proofreader? Buku Al Mukarram Prof Naquib Al Attas pulak? What! Oh incredible! Yaa.. bulan February yang lalu saya dipilih oleh Prof Zainy dan 3 mahasiswa lainnya untuk mengerjakan proofreading beberapa buku Prof Attas yang akan disatukan menjadi satu Risalah! Bulan February ini adalah pertemuan pertama kami dengan Prof Zainiy untuk menanyakan persetujuan dan sekaligus briefing singkat. Hellow, saya tidak pernah bermimpi untuk mem proofreadingkan buku, lagi-lagi buknya Prof Attas, tidak pantas! Hhehe, setelah ikut rapat awal dengan Prof Zainiy semua jadi jelas kenapa saya dipilih untuk ngerjain proofreading ini; Prof Wan (Director CASIS) yang menyuruh Prof Zainiy untuk memilih kami ngerjain project ini dengan tujuan yang utama dan mulia supaya kami-kami ini melek dan baca semua karya-karya Prof Attas. Goood! Memang iya, saya belum membabat habis karya-karya Prof Attas yang luar biasa itu; bisa karena sulitnya memahami bahasa-bahasanya yang terlalu tinggi dan bisa jadi karena saya sendiri yang malas. Hehhe. So, mau tidak mau kalau mau jadi proofreader harus membaca seluruh bukunya, kata per kata, kalimat per kalimat dan paragraf per paragraf, Luarbiasa! Jujur, kadang saya ingin muntah, rupanya menjadi teliti itu tidak mudah! Hooiiik! Oke, pekerjaan dimulai Maret lalu dan yang harus kami kerjakan adalah mencari kata-kata yang salah dengan merujuk ke buku aslinya; karena copian yang kami proofread ini adalah hasil scan dari buku yang diubah ke dalam bentuk word, bisa bayangin kan banyaknya huruf yang bergeser dan salah diacritic, salah ejaan dan beberapa kesalahan lainnya.
Last Session Proofreading






Ngusir ngantuk :O


 Ini project CASIS tahun 2014 untuk menerbitkan sebuah risalah yang merupakan kumpulan dari empat karya Prof Attas; yakni Risalah Untuk Kaum Muslimin, Islam: Faham Agama dan Asas Akhlak, Islam dan Sejarah kebudayaan Melayu, Tinjauan Ringkas Peri Ilmu dan Pandangan Alam. Karena ada empat buku jadi masing-masing kami dapat tugas satu buku untuk diproofread. Ahiiik! Session pertama adalah session yang banyak sekali typo dan benar-benar harus teliti. Ingat, kami harus mengerjakan sampai session ketiga, baca dengan teliti, jangan sampai ada yang salah sedikit pun! Karena Prof Attas sangat particular dengan hal ini dan beliau jarang membuat kesalahan seperti ini! Oke, setelah session ketiga saya kira sudah selesai, karena sudah lama gak dengar panggilan untuk ngerjain projek ini, mungkin liburan semester yang lalu kami anak CASIS banyak disibukkan dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah event besar WISE Summer School (untuk yang ini akan saya  tulis dalam kolom yang lain ya). Eh rupa-rupanya, pas awal sampai akhir september kemarin saya kembali diminta untuk ngerjain proof reading lagi (mungkin ini adalah session terakhir, tapi gak tau juga..haha soalnya typonya udah gak sebanyak dulu). Cuma saya sendiri loh diminta, dan semua buku pula, bukan satu yaaa, semua! Kebayang gak, rasanya mata guwek selalu bermain huruf, kata, kalimat dan paragraf. Serasa mereka menari-nari di ujung pelupuk mata. Awalnya saya mau nolak, tapi gak tega, ini punya Prof loh, rugi ditolak, pasti ada manfaatnya, karena seorang guru gak mungkin ngasih mudharat ke anak muridnya! Serius, memang benar-benar saya selalu mau muntah dan mata jadi kabur setalah ngerjain proofreading ini. Pekerjaan ini bukanlah pekerjaan sepele, ia membutuhkan ketelitian dan kesabaran penuh untuk menghabiskan lembar per lembar. Rasanya lembaran kertas gak mau habis-habis saya kerjain. Eh eniwei, proofreadingnya sudah selesai dari minggu kemarin, dan Prof Zainiy sangat mengapresiasi kerjaan saya, beliau sendiri secara langsung mengucapkan terimakasih karena udah sangat teliti untuk mencari typo things. Hehehhe. 
Ini adalah coklat Rusia, rasanya luarbiasa. Prof  Tatiana yang bagikan. Ngerjain Proofreading sambil   ngecoklat




No comments: