Friday, October 10, 2014

CASIS Lecturer Assistants 2014

These are Lecturer Assistants for this semester.  LA Meeting.


Institusi tempat di mana saya menghabiskan masa-masa studi master sekarang adalah memang aneh bin ajaib. Lain daripada yang lain. Kalau boleh saya bilang, ini institusi yang tidak normal ( tapi, ntar dulu, jangan terlalu terburu-buru kau menyimpulkan apa makna di balik kalimat saya ini). Di awal-awal saya menjadi mahasiswa di sini sempat shock sampai setahun; shock ini lebih cocoknya saya sebut dengan intellectual shock. Yes it is, indeed! Bukan hanya shock culture – culture Aceh dan Malaysia secara umum memang rada-rada sama. Sempat ada niat dalam hati terdalam untuk pindah saja ke universitas lain yang lebih normal sebagaimana normalnya prosedure kuliah master di universitas lain. Perihal normal dan tidak normalnya prosedure perkuliahan CASIS akan saya sampaikan secara khusus di bab yang lain. Nah, maka supaya kelancaran proses belajar-mengajar berjalan lancar (ingat, CASIS adalah program Master Full Research, tapi kami selalu ada kelas dari Senin sampai Minggu! Lagi, perihal keabnormalan ini akan saya sampaikan dalam bab yang sama yang telah saya sebutkan) ( dan FYI; mahasiswa yang masuk dalam perkuliahan Pemikiran ini luarbiasa pintar dan rajinnya, nangiss saya tertinggal muluk!) keharusan adanya Asisten Perkuliahan adalah niscaya; agar tidak kacau sistem dan ada person in charge yang paling tidak bisa memuluskan jalannya perkuliahan setiap semester. 
Karena itu, semester ini (semester tiga) termasuklah saya dipilih menjadi LA (Lecturer Asistant). Jangan anggap enteng kerjaan LA, rempong euy! Belum lagi kalau peminat mata kuliah yang di LAin adalah mata kuliah favorit atau wajib, kebayangkan berapa manusia di dalamnya! Soale, kalau sistem Pascasarjana kuliah master dan Phd itu gabung dalam satu kelas, bisa kebayang ramenya MashaAllah! Setiap mata kuliah ada LAnya, jadi mulus tidaknya perkuliahan setiap subjek berjalan bergantung pada LAnya, LA harus selalu siap-siap untuk nyiapin yang terbaik. LA kerja keras, mbak bro! Mari sini saya deskripsikan sedikit jobdesk nya LA: - Pastikan tempat atau kelas perkuliahan available, untuk urusan ini biasanya harus menghubungi pegawai UTM yang berurusan dengan perizinan pemakaian ruang, karena takutnya ruang ini sudah dibook duluan oleh orang lain untuk meeting, jadi untuk memastikan kosong, LA harus book sehari sebelum atau 2 jam sebelum perkuliahan. Rempong! - Harus mempersiapkan semua perlengkapan presentasi seperti laptop, projector, recorder. - Memberitahu Professor sekaligus menjemput dan membawa barang-barang Professor ke kelas. - Selalu update berita tugas dan hal-hal yang berkaitan dengan subject di Facebook dan Whatsapp. Itu lah sekelumit jobdesk yang harus saya laksanakan dengan penuh tanggung jawab semester ini, semoga berkah dan dimudahkan! Semangat! Ohyaa, saya adalah Lecturer Asistant untuk subjek Reading in Contemporary Texts yang diasuh oleh Prof Tatiana Denisova, supervisor saya yang baik hati, muallaf, berjilbab, pintar dan berasal dari Georgia, Rusia 

No comments: